Senin, 03 Oktober 2011

proses pengambilan keputusan

PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN

Sebelum dan sesudah melakukan pembelian,seorang konsumen akan melakukan sejumlah proses yang mendasari pengambilan keputusan yakni:

1.    Pengenalan masalah(problem recognition) konsumen akan membeli suatu produk sebagai solusi yang dihadapinya. Tanpa adanya pengenalan masalah yang muncul, konsumen tidak dapat menentukan produk yang akan dibeli.
2.    Pencarian informasi(information source) setelah memahami masalah yang ada, konsumen termotivasi untuk mencari informasi untuk menyelesaikan permasalahan melalui pencarian informasi, proses pencarian informasi berasal dari dalam memori dan berdasarkan pengalaman orang lain.
3.    Mengevaluasi alternatif(alternative evaluation) setelah konsumen mendapat berbagai macam informasi, konsumen akan mengevaluasi alternatif untuk mengatasi permasalahan yang ada
4.    Keputusan pembelian(purchase decision)setelah konsumen mengevaluasi beberapa alternatif strategis yang ada, konsumen akan membuat keputusan penelitian.
5.    Evaluasi pasca pembelian(post purchase evaluation)proses evaluasi yang dilakukan konsumen hanya berakhir pada tahap pembuatan keputusan pembelian, setelah membeli produk konsumen akan mengevaluasi apakah produk tersebut sesuai harapannya.

Terdapat empat faktor internal yang relevan terhadap proses pembuatan keputusan pembelian yaitu:

1.    Motivasi(motivation) suatu dorongan yang ada dalam diri manusia untuk mencapai tujuan tertentu.
2.    Persepsi(perception) hasil pemaknaan seseorang terhadap stimulus/kejadian yang diterimanya berdasarkan informasi dan pengalamannya terhadap rangsangan tersebut.
3.    Pembentukan sikap(attitude formation) penilaian yang ada dalam diri seseorang akan suatu hal.
4.    Integrasi(integration) kesatuan antara sikap dan tindakan. Integrasi merupakan respons atas sikap yang diambil.

www.wikipedia.org


Tidak ada komentar:

Posting Komentar