Senin, 03 Oktober 2011

kepribadian

KEPRIBADIAN

          Kepribadian adalah keseluruhan cara dimana seorang individu berinteraksi dengan individu lain. Kepribadian sering dideskripsikan dalam istilah sifat, selain itu kepribadian memiliki pengertian lain yaitu:

a)    Kepribadian menurut sehari-hari adalah kepribadian sering diartikan dengan ciri-ciri yang menonjol pada diri individu seperti” kepribadian pemalu”,”kepribadian supel” dll.
b)   Kepribadian menurut psikologi adalah berdasarkan penjelasan GORDON ALLPORT kita dapat melihat bahwa kepribadian sebagai suatu organisasi yang merupakan suatu struktur dan sekaligus proses. Jadi kepribadian merupakan sesuatu yang dapat berubah

          Terdapat tiga cara utama menilai kepribadian yaitu survei mandiri,survei peringkat oleh pengamat dan ukuran proyeksi. Sifat kepribadian utama yang mempengaruhi perilaku organisasi yaitu:

1.    Evaluasi inti diri adalah tingkat dimana individu menyukai atau tidak menyukai diri mereka sendiri. Evaluasi inti diri seorang individu ditentukan oleh dua elemen utama yaitu harga diri dan lokus kendali
2.    Machiavellianisme adalah tingkat dimana seorang individu pragmatis,mempertahankan jaraj emosional, karakteristik kepribadian machiavellianisme berasal dari nama NICCOLO MACHIAVELLI penulis pada abad keenam belas tulisannya tentang cara mendapatkan dan memegang kekuasaan.
3.    Narsisme adalah kecenderungan menjadi arogan ,mempunyai rasa kepentingan diri yang berlebihan,membutuhkan pengakuan berlebih dan mengutamakan diri sendiri. Individu narsis cenderung egois dan eksploitif. Dan seringkali memanfaatkan sikap yang dimiliki individu lain untuk keuntungannya.
4.    Pemantauan diri adalah kemampuan seseorang untuk menyesuaikan perilakunya dengan faktor situasi eksternal. Individu dengan pemantauan diri yang tinggi menunjukan kemampuan yang sangat baik dalam menyesuaikan perilaku eksternal.

          www.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar