Sabtu, 28 April 2012

PERANAN BAHASA INDONESIA DALAM PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DI ERA GLOBALISASI


TUGAS SOFTSKILL
MATA KULIAH                   : BAHASA INDONESIA 2
NAMA                                    : WIHDA.WIDHI.A
NPM/KELAS                         : 11209857/3EA16

PERANAN BAHASA INDONESIA DALAM PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DI ERA GLOBALISASI

          Peranan bahasa indonesia sangatlah penting dan menjadi nomor 1 di dalam ilmu pengetahun seperti menumbuhkan sumber daya manusia, yang juga sudah kita kenal dari dulu yaitu pembelajaran pelajaran Bahasa Indonesia yang akan terus hidup dan menambah pengetahuan yang baru, penting juga bahwa anak-anak kecil/ usia dini harus kita bantu dalam mengembangkan peranan bahasa indonesia yang baik dan benar. Dengan kita banyak membaca buku, majalah atau koran sudah pasti menambah ilmu pengetahuan akan bertambah, dan tanpa disadari akan menambah ilmu pada anak-anak usia dini, dengan begitu bisa mencegah dan memberhentikan kebodohan..
          Di dalam perkembangan ilmu pengetahuan , Bahasa Indonesia mempunyai peranan yang cukup besar apalagi ditambah yang namanya ilmu pengetahuan akan terus menerus bertambah . dengan pemakaian bahasa indonesia yang baik dan benar akan membuktikan bahwa pemakaian bahasa indonesia terus dinomor satukan demi kelancaran pembangunan ilmu pengetahuan, ilmu pengetahuan-pengetahuan yang baru juga dianjurkan memakai Bahasa Indonesia yang sesuai dengan EYD dan mempunyai arti yang sangat bagus. Namun di era globalisasi sekarang ini  penggunaan Bahasa Indonesia sepertinya bukan lagi menjadi acuan, malah sering dicampur adukkan dengan bahasa asing agar Bahasa yang digunakan terlihat lebih gaul atau sering disebut dengan Bahasa yang moderen. Hal ini sering terlihat pada iklan-iklan yang terdapat di TV maupun Media Cetak lainnya. Hal ini merupakan tugas besar bagi seluruh masyarakat asli indonesia supaya terus menggunakan Bahasa Indonesia di segala aspek ilmu pengetahuan dan memperjuangkan nilai-nilai yang baik untuk pemakaian Bahasa Indonesia itu sendiri.
          Peranan Bahasa Indonesia di bidang Teknologi di era globalisasi ini kian menipis karena hampir kebanyakan teknologi-teknologi seperi handphone kebanyakan memakai bahasa asing hanya sedikit saja yang memakai Bahasa Indonesia, hampir di semua aspek yang menggunakan teknologi sebagai alat pasti memakai penggunaan Bahasa asing dibandingkan penggunaan Bahasa Indonesia , hal ini tentu sangat mengkhawatirkan perkembangan dunia era globalisasi yang seharusnya menambah eksistensi penggunaan Bahasa Indonesia walaupun teknologi-teknologi yang muncul di Indonesia berasal dari luar negeri. Kurangnya perhatian dari pemerintah dan masyarakat sendiri juga mempengaruhi mengapa sedikit penggunaan Bahasa Indonesia di bidang teknologi, hanya sedikit saja orang yang tetap memakai dan menjadikan penggunaan Bahasa Indonesia di bidang teknologi khususnya. Ini justru harus dijadikan pelajaran untuk semua masyarakat asli indonesia agar tetap memakai dan menjadikan penggunaan Bahasa Indonesia nomor satu di berbagai aspek.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar